Selasa, 03 Juli 2012

EURO 2012: Spanyol Makin Lapar Gelar


Sukses mempertahankan predikat sebagai juara Piala Eropa 2012 makin memotivasi Spanyol untuk meraih gelar juara di ajang Piala Dunia 2014 di Brasil. La Furia roja semakin lapar gelar.


Negara dari kawasan Iberia itu menjadi negara pertama yang mampu mengawinkan gelar Piala Eropa dan Piala Dunia. Spanyol mengaramkan mimpi Italia dengan 4-0 di pertandingan final Piala Eropa 2012 yang digelar di Kiev.


Lapar gelar membuat pasukan asuhan pelatih Vicente Del Bosque kini menatap ke depan jelang laga kualifikasi Piala Dunia yang diadakan di Georgia pada September mendatang, sebagaimana dikutip dari Reuters.


Spanyol telah mengukuhkan diri sebagai tim yang tampil dengan serangkaian standar bermutu dengan bermodal sejumlah pemain muda berbakat. Ini makin mengukuhkan Spanyol menjadi favorit juara untuk kali kedua Piala Dunia di Amerika Selatan dalam dua tahun mendatang.


Pelatih Spanyol berusia 61 tahun Del Bosque dalam sebuah jumpa pers setelah laga final di Olympic Stadium itu menyatakan dia menaruh hormat kepada Luis Aragones yang mengarahkan tim Spanyol pada Piala Eropa 2008.


"Kami telah meneruskan langkah yang telah diambil sebelumnya oleh Aragones. Kami sekarang punya target baru," kata Del Bosque.


"Target kami selanjutnya, Prancis, Belarusia, Georgia dan Finlandia di kualifiksi Piala Dunia, kemudian Piala Konfederasi," katanya merujuk kepada Piala Dunia di Brasil. "Kami bermaksud menunjukkan penampilan terbaik di sana."


Sukses Del Bosque di ajang Piala Eropa 2012 menyamai prestasi pelatih Jerman Helmut Schoen yang mampu menyandingkan gelar Piala Eropa dan Piala Dunia. Schoen waktu itu melatih Jerman Barat pada awal tahun 1970-an.


Pemain kunci Spanyol Xavi yang akan berusia 34 tahun di perhelatan Piala Dunia 2014 itu menyatakan turnamen di Brasil itu telah menantang dia untuk tampil.


"Jika saja kondisi saya baik maka saya akan tampil di sana," katanya kepada wartawan. (Antara/spr)..

0 komentar:

Posting Komentar