Kamis, 07 April 2011

..Resume..

kesimpulan kelompok 4
Struktur Pasar..

Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. pada analisa ekonomi jenis pasar dibedakan menjadi 2 yaitu, pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran dimana jumlah pembeli dan penjual sedemikian banyak atau tidak terbatas. sedangkan pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga output dipasar. contohnya :
- pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada satu penjual/ produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. contoh: PT pos dan giro, PT PLN dll
- pasar oligopoli adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. contonya : perusahaan semen dan air mineral.
- pasar duopoli adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan. contohnya : pertamina dan caltex.
- pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. contohnya : menjual produk sabun karena sudah banyak perusahaan memproduk sabun yang berbeda-beda.
- pasar monopsoni.

begitu banyaknya jenis pasar yang ada di indonesia,,itu berarti negara indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya tetapi sayang sumber daya alam yang banyak ini terkadang tidak dipergunakan dengan baiik malah sebaliknya di manfaatkan untuk hal sia-sia akibatnya banyak sumber daya alam kita yang rusak bahkan hampir mengalami kepunahan,,jika saja masyarakat negara indonesia mau bekerja sama dalam membangun negara pasti negara kita akan menjadi negara yang mempunyai kekayaan alam yang melimpah baik dari segi kualitas maupun kuantitas SDA itu sendiri..maka dari itu kita sebagai masyarakat indonesia harus peduli terhadap lingkungan yaa minimal kalo melihat ada sampah ya diambil gitu dan dimasukkan ke tempat sampahnya..dengan menjaga dan melestarikan budaya bangsa itu berartti kita sudah ikut turut andil dalam pembangunan negara indonesia..:)

0 komentar:

Posting Komentar