Minggu, 14 Oktober 2012

Supply Chain pada produk biskuit kaleng (revisi)

Nama : Utami Indriani
Kelas/NPM : 4KA12/15109403
Konsep Sistem Informasi Lanjut..

Pabrik Biskuit Kaleng..
* Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal danjuga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakahyang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut disebuah supermarket?

* Gambarkan supply chain dari produk ini.
Jawab :

      Pada gambar yang tertera di atas kita dapat mendeskripsikan mengenai alur dari biskuit kaleng tersebut..
perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pembuatan biskuit kaleng tersebut adalah :
pabrik terigu, pabrik telur, pabrik gula, pabrik susu, dan pabrik kemasan kaleng.
     Pabrik Biskuit Kaleng dapat membuat aneka biskuit dengan berbagai rasa yang diharapkan dapat menarik minat dan daya beli konsumen. Pada Gambar di atas, Pabrik Biskuit Kaleng mendapatkan bahan baku untuk membuat biskuit dari supplier-supplier bahan baku. Bahan baku pembuat biskuit yang dijelaskan pada gambar berupa terigu, telur, gula dan susu.
      Pada pemasaran biskuit kaleng ini juga mendapatkan sumber dari konsumen atau pelanggan, pabrik kemasan  kaleng, dan supplier bahan baku biskuit.
Supply chain biskuit kaleng ini menunjukkan sebuah rangkaian yang terdiri dari komunitas-komunitas yang bekerja sama dan saling mendukung dalam pembuatan biskuit kaleng dan bagaimana menyualurkan produk biskuit kaleng tersebut hingga terdistribusi sampai pada tahap akhir yaitu sampai ke tangan konsumen.
      Jalan distribusi yang digunakan adalah jalur distibusi tidak langsung karena menggunakan perantara dari distributor,, untuk membangun hubungan yang kuat antara supplier dengan konsumen yaitu dengan cara menjalin hubungan baik antara supplier dengan konsumen, memasok bahan baku dengan kualitas terbaik, memberikan pelayanan yang baik dan barang dengan kualitas terbaik pula.
     Cara mendapatkan informasi dari konsumen yaitu dengan cara survei terhadap konsumen, serta dapat juga dengan menyebarkan pertanyaan-pertanyaan melalui kuisioner,, untuk mengkoordinasi dari sistem global yaitu dengan cara marketing atau pemasaran yang baik, dan dengan cara pemasaran secara modern.
     Untuk menyiapkan sistem intensif untuk semua mitra dalam mengoptimalkan pasokan dan kinerja yaitu dengan cara menyiapkan segala sesuatunya secara terperinci dari bahan mentah menjadi barang jadi dan pada akhirnya dapat digunakan atau dapat dikonsumsi oleh para konsumen.
     Setelah itu produk biskuit kaleng yang telah siap dipasarkan akan  akan didistribusikan dari Pabrik oleh distributor sampai pada konsumen akhir. Distributor bisa melakukan pendistribusian produk biskuit kaleng tersebut bisa melalui Agen -> Toko Pengecer -> Konsumen. Selain itu distributor juga bisa mendistribusikannya ke Supermarket -> Konsumen..

0 komentar:

Posting Komentar