Selasa, 23 Oktober 2012

COMPIERE

      Compiere mempunyai arti untuk melengkapi, menyelesaikan, mengerjakan (dalam bahasa Italia) adalah solusi bisnis ERP dan CRM yang bersifat open source. Definisi secara umumnya Compiere merupakan salah satu perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) yang teraplikasi dengan solusi perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) yang terintegrasi secara lengkap dan bersifat Open Source.
Compiere yang merupakan perangkat lunak ERP memberikan solusi bisnis dalam banyak hal, baik untuk perusahaan kecil maupun perusahaan menengah dalam distribusi dan pelayanan yang berbasis global dan mencakup semua area dari manajemen pelanggan (Customer Management) sampai rantai persediaan untuk laporan akunting.


Cara Instalasi Compiere::
1. Idupin PC yang mau diinstal
2. Download Oracle XE softwarenya 
3. Download JDK-6u10-windows-i586-p
4. Download software Compierenya.
5. Instal software Oracle XE dan JDK nya
6. Copy & Paste folder compiere yang selesai download di Drive C.
7. Buat 2 path yaitu path pertama dengan nama: COMPIERE_HOME berisi value: C:\Compiere2 dan path kedua dengan nama: JAVA_HOME berisi value: C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_23
8. Double klik file RUN_setup.bat yang ada di folder C:\Compiere2
9. Proses instalasi berjalan
10.Form SSL harus diganti dengan angka lain
11.Instalasi Compiere disesi terakhir butuh Koneksi Internet.

Tampilan Compiere :

      
Compiere dirancang untuk industri yang bergerak dibidang jasa, distribusi dan retail. Terdapat fungsi dasar dari Managemen material serta termasuk juga Manufacturing Planning meskipun dalam skala terbatas. Tidak ada fungsi manufaktur seperti Shopfloor kontrol dan Full MRP. Compiere adalah untuk perusahaan kecil dan menengah (SME), seperti halnya perusahaan tunggal, untuk rangkaian distribusi, outlet dari sebuah manufaktur, franchises dll.


MEMULAI COMPIERE

Pertama akan muncul kotak dialog Compiere Login. Pada tampilan Login jika Host Informasiberwarna putih, maka terkoneksi dengan aplikasi server. Jika sisi kiri berwarna agak merah,maka terkoneksi dengan database tidak dengan aplikasi server.Compiere memiliki beberapa macam Login yaitu :

• SuperUser dan password “System” digunakan untuk semua jenis pemakai yang mempunyai
semua akses baik itu sistem administrator atau aplikasi data.
• GardenAdmin dan password “GardenAdmin” digunakan untuk GardenWorldAdmin misalnya Klien administrator.
Login sebagai “SuperUser” (case sensitive) dengan password “System” yang merupakan default login yang diberikan oleh Compiere. Untuk login selanjutnya tidak perlu melakukan pengisiansepeti awal sebab sistem akan menyimpan input dan pilihan yang telah dilakukan sebelumnya. Kemudian konfirmasikan untuk masuk ke Compiere.


Setelah masuk Compiere akan tampil window utama yang berisikan menu-menu. Di dalam Compiere terdapat beberapa menu, yaitu adalah Application Dictionary, General Rules, Quote-to-Invoice, Requisition-to-Invoice, Open Items, Material Management, Partner Relations, ProjectManagement, Performance Analysis, Service, dan Assets.


TOOLBAR COMPIERE
Compiere memiliki Toolbar yang selalu terdapat dalam window dimana window yang kita tampilkan, icon pada toolbar dalam compiere mendukung pembuatan record dan pengambilandata yang kita inginkan. Berikut ini Toolbar yang terdapat dalam Compiere:
1. Ignore : tidak menyimpan data yang baru saja diinput.
2. Help : untuk menampilkan window help.
3. New Record : membuat atau memulai record baru.
4. Delete : Menghapus data yang sudah di input.
5. Save : menyimpan data yg diinput untuk disimpan dalam database.
6. Refresh : Menampilkan data yang baru diinput sehingga data yg lama tidak tampil dalamwindow.
7. Find : mencari data yang dapat meliputi pencarian customer, vendor, client dan lainnya.
8. Attachment : digunakan untuk pengiriman database ke user yang meminta pengiriman melaluiweb.
9. Data Grid : Menampilkan seluruh database yang berupa tabel.
10. History : Menampilkan kalender yang menentukan tanggal dibuatnya database dalam compiere dan menampilkan seluruh data berdasarkan tanggal

Setiap toolbar itu memiliki fungsinya masing–masing sesuai dengan kebutuhan bagi pemakai software :)

Software compiere juga memiliki kelebihan dan kekurangan loh, yaitu antara lain:
kelebihannya :
1. Implementasi ERP yang cepat dan fleksibel
2. Aplikasi ERP dirancang untuk Ekonomi Global
3. Perangkat lunak ERP open source komersil
4. Arsitektur Model-driven memudahkan pengontrolan

selain kelebihan, ada pula kekurangan dari software ini, antara lain:
1. Hanya bisa pakai oracle XE
2. Tidak adanya PDF exporter
3. Tidak tersedianya WebUI


Referensi :
http://uzi-online.blogspot.com/2012/10/download-software-compiere-dan-cara.html
http://blog.uad.ac.id/rifa/2011/06/03/perbandingan-softawre-erp-enterprise-resource-planning/
http://stariyah.wordpress.com/2010/12/25/opensource-erp-adempiere/

Rabu, 17 Oktober 2012

..Pengantar Telematika..

^Apa Telematika^
Kata TELEMATIKA, berasal dari istilah dalam bahasa Perancis “TELEMATIQUE” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
konvergensi antara teknologi Telekomunikasi , Media dan Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem  digital.
Telematika juga merupakan sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektromagnetik.
Kemampuannya adalah mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantaan suara (telepon, musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya. Teknologi digital memungkinkan hal tersebut terjadi.
Jasa telematika ada yang diselenggarakan untuk umum (online, internet), dan ada pula untuk keperluan kelompok tertentu atau dinas khusus (intranet).






^Siapa Pengguna Telematika..??^
Pengguna Telematika :
*  Perpustakaan Elektronik
Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.

* Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

* Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah sebagai (mobile communication  technology).

* Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics). Untuk navigasi pada mobil, pesawat terbang ataupun kapal laut.

* E-Commerce Prinsip dasar dari e-commerce adalah proses jual beli yang dilakukan secara elektronik melalui internet. Proses jual beli yang dimaksud meliputi pemasangan iklan, melakukan pemesanan barang, melakukan pembayaran, sampai mengirim dokumen klaim. Karena e-commerce dapat diakses secara luas di seluruh dunia, maka proses jual beli pun terasa mudah sebab sudah tidak bergantung pada ruang dan waktu. Siapapun dapat membeli barang yang dijual di negara manapun dan kapanpun.

* E-Learning merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya. Kegiatan seperti memberikan materi belajar, melakukan ujian, mengirim tugas, mengecek nilai dapat dilakukan secara elektronik.


^Kapan telematika digunakan..??^
Pelaksanaa telematika di Indonesia..
Di Indonesia, pengaturan dan pelaksanaan mengenai berbagai bidang usaha yang bergerak di sektor telematika diatur oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika. Fungsi Departemen di bidang Aplikasi Telematika yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Fungsinya meliputi:
1. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi telematika;
Pelaksanaan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi telematika;
Perumusan dan pelaksanaan kebijakan kelembagaan internasional di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi telematika.
2. Penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standardisasi dan audit aplikasi telematika.
3. Pembangunan, pengelolaan dan pengembangan infrastruktur dan manajemen aplikasi sistem informasi pemerintahan pusat dan daerah;
Pemberian bimbingan teknis dan evaluasi;
Pelaksanaan administrasi Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika.


^Dimana Telematika digunakan..??^
Telematika dapat digunakan di berita resmi pemerintah seperti E-goverment (contoh : depok.go.id), transaksi perdagangan elektronik seperti E-commerce (contoh : bhinneka.com), pendidikan terbuka dengan modus jarak jauh dengan media internet atau web seperti E-learning (contoh : cai.elearning.gunadarma.ac.id)


^Bagaimana Telematika digunakan..??^
Perkembangan Telematika sebelum dan sesudah internet muncul..
Banyak cara mengenai cara bagaimana telematika itu digunakan. Sebelum ada internet media untuk telematika hanya berupa radio, pager, televisi, telegraf, dan telepon. Untuk berkomunikasi baik lokal maupun internasional tentunya masih sulit, karena biaya mahal, bahkan untuk mengirim surat butuh waktu yang cukup lama. Setelah muncul internet untuk melakukan komunikasi menjadi lebih mudah, mencari bahan untuk belajar juga lebih mudah. Setelah ada internet berkomunikasi bisa lebih cepat dan lebih murah, kita tidak perlu membayar tarif telepon internasional yang mahal bahkan bisa melakukan chatting dan video call. Mengirim surat juga bisa sampai sangat cepat dengan menggunakan email.

Minggu, 14 Oktober 2012

Supply Chain pada produk biskuit kaleng (revisi)

Nama : Utami Indriani
Kelas/NPM : 4KA12/15109403
Konsep Sistem Informasi Lanjut..

Pabrik Biskuit Kaleng..
* Untuk produk biskuit kaleng yang dipasarkan di pasar lokal danjuga ke beberapa negara tetangga, perusahaan apa sajakahyang terlibat sehingga anda bisa membeli produk tersebut disebuah supermarket?

* Gambarkan supply chain dari produk ini.
Jawab :

      Pada gambar yang tertera di atas kita dapat mendeskripsikan mengenai alur dari biskuit kaleng tersebut..
perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam pembuatan biskuit kaleng tersebut adalah :
pabrik terigu, pabrik telur, pabrik gula, pabrik susu, dan pabrik kemasan kaleng.
     Pabrik Biskuit Kaleng dapat membuat aneka biskuit dengan berbagai rasa yang diharapkan dapat menarik minat dan daya beli konsumen. Pada Gambar di atas, Pabrik Biskuit Kaleng mendapatkan bahan baku untuk membuat biskuit dari supplier-supplier bahan baku. Bahan baku pembuat biskuit yang dijelaskan pada gambar berupa terigu, telur, gula dan susu.
      Pada pemasaran biskuit kaleng ini juga mendapatkan sumber dari konsumen atau pelanggan, pabrik kemasan  kaleng, dan supplier bahan baku biskuit.
Supply chain biskuit kaleng ini menunjukkan sebuah rangkaian yang terdiri dari komunitas-komunitas yang bekerja sama dan saling mendukung dalam pembuatan biskuit kaleng dan bagaimana menyualurkan produk biskuit kaleng tersebut hingga terdistribusi sampai pada tahap akhir yaitu sampai ke tangan konsumen.
      Jalan distribusi yang digunakan adalah jalur distibusi tidak langsung karena menggunakan perantara dari distributor,, untuk membangun hubungan yang kuat antara supplier dengan konsumen yaitu dengan cara menjalin hubungan baik antara supplier dengan konsumen, memasok bahan baku dengan kualitas terbaik, memberikan pelayanan yang baik dan barang dengan kualitas terbaik pula.
     Cara mendapatkan informasi dari konsumen yaitu dengan cara survei terhadap konsumen, serta dapat juga dengan menyebarkan pertanyaan-pertanyaan melalui kuisioner,, untuk mengkoordinasi dari sistem global yaitu dengan cara marketing atau pemasaran yang baik, dan dengan cara pemasaran secara modern.
     Untuk menyiapkan sistem intensif untuk semua mitra dalam mengoptimalkan pasokan dan kinerja yaitu dengan cara menyiapkan segala sesuatunya secara terperinci dari bahan mentah menjadi barang jadi dan pada akhirnya dapat digunakan atau dapat dikonsumsi oleh para konsumen.
     Setelah itu produk biskuit kaleng yang telah siap dipasarkan akan  akan didistribusikan dari Pabrik oleh distributor sampai pada konsumen akhir. Distributor bisa melakukan pendistribusian produk biskuit kaleng tersebut bisa melalui Agen -> Toko Pengecer -> Konsumen. Selain itu distributor juga bisa mendistribusikannya ke Supermarket -> Konsumen..